%L UNY59727 %K Snowball Throwing, Aktivitas Belajar Akuntansi %A Melly Avianti Pradana %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada siswa kelas X AKL 3 SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X AKL 3 SMKN 2 Purworejo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor aktivitas belajar akuntansi, menghitung persentase masing-masing indikator dan rata-rata keseluruhan indikator, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AKL 3 SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor di setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I sebesar 84,8% menjadi 91,4% pada siklus II atau meningkat sebesar 6,5%. %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL3 SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018 %I Fakultas Ekonomi UNY %D 2018