%0 Thesis %9 S1 %A ASTARI, MITHA %A Rr. Indah Mustikawati, M.Si., Ak., CA., %B Pendidikan Akuntansi %D 2018 %F UNY:59718 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Status Sosial Ekonomi Keluarga. %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 PLAYEN TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/59718/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018; (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018; (3) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018; (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Status Sosial Ekonomi Keluarga secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah 86 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,634; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,402; dan thitung sebesar 7,511 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. 2) terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,504; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,254; dan thitung sebesar 5,345 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. 3) terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,489; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,239; dan thitung sebesar 5,137 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. 4) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Status Sosial Ekonomi Keluarga secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,667; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,445; dan Fhitung sebesar 21,924 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,715.