%0 Thesis %9 S1 %A Muhamad Nur, Brilian %B Pendidikan Ekonomi %D 2018 %F UNY:59665 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS X IPS SMA NEGERI 3 WONOGIRI %U http://eprints.uny.ac.id/59665/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas guru ekonomi, motivasi berprestasi baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang manajemen kelas guru ekonomi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri; 2) Motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri.; 3) Persepsi siswa tentang manajemen kelas guru ekonomi dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Wonogiri. Kata kunci: manajemen kelas, motivasi berprestasi, prestasi belajar. %Z Tejo Nurseto, M.Pd (Dosen Pembimbing)