%0 Thesis %9 S1 %A Arifah, Dian Zughlul %B Pendidikan Ekonomi %D 2018 %F UNY:59661 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH KINERJA PENGURUS, PARTISIPASI ANGGOTA, DAN PELAYANAN TERHADAP KEBERHASILAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) BERKAH DI KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/59661/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pengurus, partisipasi anggota, dan pelayanan terhadap keberhasilan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Berkah di Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh anggota KPRI Berkah yang berjumlah 435 orang dan sebanyak 82 orang diambil sebagai sampel dengan teknik random sampling. Reabilitas kinerja pengurus rh=0,858≥0,600, partisipasi anggota rh=0,855≥0,600, pelayanan rh=0,876≥0,600, dan keberhasilan rh=0,812≥0,600. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh pengaruh positif kinerja pengurus terhadap keberhasilan KPRI Berkah dibuktikan dengan nilai r=0,308, nilai th=5,954>tt=1,9912, dan signifikansi 0,000, 2) terdapat pengaruh positif partisipasi anggota terhadap keberhasilan KPRI Berkah dibuktikan dengan nilai r=0,277, nilai th=3,408>tt=1,9912, dan signifikansi 0,001, 3) terdapat pengaruh positif pelayanan terhadap keberhasilan KPRI Berkah dibuktikan dengan nilai r=0,222, nilai th=3,730>tt=1,9912, dan signifikasni 0,000, 4) terdapat pengaruh positif kinerja pengurus, partisipasi anggota, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap keberhasilan KPRI Berkah dibuktikan dengan nilai F=35,302 dan signifikansi 0,000. Sumbangan relatif variabel kinerja pengurus sebesar 55,20%, partisipasi anggota sebesar 28,19%, dan pelayanan sebesar 16,70%, terhadap keberhasilan KPRI Berkah. Variansi dalam keberhasilan koperasi dapat dijelaskan oleh variabel kinerja pengurus, partisipasi anggota, dan pelayanan sebesar 57,6% melalui model, sedangkan 42,4% berasal dari variabel lain yang tidak dapat diperhitungkan dalam model penelitian ini. Kata kunci : Kinerja Koperasi, Partisipasi Anggota, Pelayanan, Keberhasilan Koperasi %Z Dr. Sugiharsono, M.Si (Dosen Pembimbing)