%T PENGARUH CITRA KOPERASI, PELAYANAN, DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DWIJA TONJONG KABUPATEN BREBES %I Fakultas Ekonomi %D 2018 %O Prof. Dr. Sukidjo, M.Pd (Dosen Pembimbing) %A Anindya Yuli Astuti Nazria %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra koperasi, pelayanan, motivasi anggota terhadap kepuasan anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) DWIJA Tonjong, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 223 anggota koperasi. Sampel yang digunakan sebanyak 70 anggota dengan teknik cluster random sampling. Sebelum analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji lenearitas, uji multikolinearitas dan uji heterosedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) citra koperasi berpengaruh terhadap kepuasan anggota KPRI Dwija Tonjong dengan nilai sig 0,000 < 0,05 , 2) terdapat pengaruh pelayanan terhadap kepuasan anggota KPRI Dwija Tonjong dengan nilai sig 0,036 < 0,05, 3) tidak terdapat pengaruh motivasi anggota terhadap kepuasan anggota KPRI Dwija Tonjong dengan nilai sig 0,356 > 0,05, 4) terdapat pengaruh citra koperasi, pelayanan, dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota KPRI Dwija Tonjong dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,249 atau 24,9% yang bermakna bahwa 24,9% kepuasan anggota KPRI dipengaruhi oleh citra koperasi, pelayanan, dan motivasi anggota. Sedangkan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Citra Koperasi, Kepuasan Anggota Koperasi, Motivasi Anggota Koperasi, Pelayanan Koperasi %L UNY59654