%0 Thesis %9 S2 %A Jatmiko, Bagus Budi %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:59653 %I UNY %K media pembelajaran, android, kemandirian belajar, hasil belajar kognitif, redoks %T Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA %U http://eprints.uny.ac.id/59653/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan, dan mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik antara kelas media pembelajaran kimia berbasis android dengan kelas kontrol. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Gall, Gall, & Borg yang dimodifikasi menjadi empat tahapan yaitu perencanaan pengembangan, pengembangan produk, evaluasi formatif dan instruksi revisi, dan evaluasi sumatif. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli media dan satu ahli materi. Penilaian kualitas media dilakukan oleh lima guru kimia, dan lima peer reviewer. Uji coba media dilakukan kepada 6 siswa kelas X SMA N 1 Ngaglik pada uji coba perorangan, 10 siswa kelas X MA Pandanaran pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa kelas X SMA N 1 Pakem pada uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kemandirian belajar, dan soal tes hasil belajar kognitif. Produk penelitian ini berupa software dengan ekstensi *.apk yang dioperasikan pada android. Media pembelajaran kimia berbasis android pada konsep reaksi reduksi oksidasi yang telah dikembangkan “layak” digunakan dalam pembelajaran, ditinjau dari aspek penilaian media, aspek penilaian materi, dan berdasarkan hasil uji coba kepada peserta didik. Hasil uji coba media pembelajaran kimia menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas media pembelajaran kimia berbasis android dengan kelas kontrol.