%T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA N 1 NGEMPLAK %I Fakultas Ekonomi %D 2018 %L UNY59649 %O Dr. Sugiharsono, M.Si (Dosen Pembimbing) %A Ayu Puji Lestari %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 2 melalui penerapan model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 28 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping di kelas X IPS 2 terjadi peningkatan ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 20 siswa (71,43%) menjadi 23 siswa (82,14%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II. Kata Kunci: Model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping, Prestasi Belajar Siswa