eprintid: 59648 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1226 dir: disk0/00/05/96/48 datestamp: 2018-09-12 01:57:03 lastmod: 2019-01-30 17:02:26 status_changed: 2018-09-12 01:57:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachmawati, Hanifah creators_id: hanifahrachmawati19@gmail.com title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: D6 subjects: eko_ekonomi divisions: fe_pend_ekonomi full_text_status: public note: Barkah Lestari, M.Pd (Dosen Pembimbing) abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) peningkatan motivasi belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018 (2) peningkatan hasil belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari persentase rata-rata skor motivasi belajar dari 74,9% menjadi 80,93% yang meningkat sebesar 6,03% dan semua indikator pada siklus II telah lebih dari 75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari 70,22 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 57% menjadi 83,91 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 91% yang meningkat 13,69 dengan persentase ketuntasan 34,78%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kelas X akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Team Games Tournament (TGT), Kotak dan Kartu Misteri (KOKAMI), motivasi belajar, hasil belajar. date: 2018-07-24 date_type: published institution: Fakultas Ekonomi department: Pendidikan Ekonomi thesis_type: skripsi citation: Rachmawati, Hanifah (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/59648/1/Skripsi_Hanifah%20Rachmawati_14804241036.pdf