eprintid: 59628 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/96/28 datestamp: 2018-09-10 01:42:01 lastmod: 2019-10-01 11:25:14 status_changed: 2018-09-10 01:42:01 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Aisyah Anung Anditandaru, Aisyah Anung Anditandaru title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Bahasa Jerman, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Praktik Mengajar abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan diadakannya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang didapatkan diperkuliahan. Program yang dijalankan merupakan program pengajaran mata pelajaran bahasa Jermanuntuk siswa-siswi SMA Negeri 5 Yogyakarta, sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh penyusun. Pada kegiatan PLT ini, penyusun mendapatkan kesempatan mengajar di kelas XI IPS dan juga selama 3 minggu menggantikan guru mata pelajaran bahasa Jerman, mengajar di kelas XII (7 IPA dan 3 IPS). Namun penyusun tidak hanyaa melaksanakan praktik mengajar di kelas saja, melainkan juga melaksanakan piket guru, piket jaga UKS, dan juga piket perpustakaan. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatn soal evaluasi, pembuatan media dan pmbuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melaksanakan observasi kondisi sekolah, serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkahlangkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Lapangan Terbimbing. Dalam pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selam kegiatan belajar mengajarberlangsung di kelas, mahasiswa PLT tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pmbimbing dikarenakan kebijakan dari universitas mengharuskan mahasiswa PLT didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: LPPMP refereed: TRUE citation: Aisyah Anung Anditandaru, Aisyah Anung Anditandaru (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/59628/1/Aisyah%20Anung%20A%20Pend.%20bahasa%20Jerman%2014203241033%20.pdf