@phdthesis{UNY59574, school = {UNY}, year = {2018}, month = {July}, author = {Bella Theo Tomi Pamungkas}, title = {Pengembangan Bahan Ajar Sand Dune Berbentuk CD interaktif untuk Studi Lapangan Geografi Siswa SMA}, keywords = {CD interaktif, Geografi, hasil belajar}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan CD interaktif untuk studi lapangan materi dinamika litosfer bagi peserta didik di SMA, (2) mengetahui kelayakan CD interaktif pada materi dinamika litosfer menurut ahli materi dan ahli media, (3) mengetahui keefektifan CD interaktif materi dinamika litosfer terhadap hasil belajar pada ranah kognitif peserta didik kelas X SMA Stella Duce Bantul. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Alessi \& Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan secara ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alfa) kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas X1 sebagai kelas eksperimen, dan sebagai kelas kontrol X2 sebanyak 20 peserta didik. Pengumpuluan data dilakukan menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan teknik data kuantitatif dari kuesioner ahli media dan ahli materi serta hasil belajar dari aspek kognitif menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) CD interaktif mata pelajaran Geografi berhasil dikembangkan dengan sistem software Adobe Flash Professional CS. (2) CD interaktif layak digunakan berdasarkan hasil uji alpha oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,28 (sangat baik), validasi oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 3,64 (baik) dan penilaian oleh peserta didik diperoleh skor rata-rata 4,3 (sangat baik). (3) CD interaktif efektif digunakan dengan rerata N-gain pada kelas kontrol adalah 0,57 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 0,68 dan dapat dikatakan bahwa N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/59574/} }