@techreport{UNY59543, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, title = {LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {SIFAUL FAIDAH SIFAUL FAIDAH}, journal = {Laporan PLT}, year = {2017}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi ?Pendidikan dan Pengajaran?. Kegiatan PLT di SMA N 10 Yogyakarta ini bertujuan untuk meningkatkan potensi keguruan dan kependidikan mahasiswa melalui praktik pengalaman pembelajaran di lapangan dengan bimbingan dosen dan guru. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari kondisi sekolah, karakteristik siswa melalui praktik langsung mengajar di kelas. Kegiatan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan serta menerapkan ilmu yang dikuasai secara interdisipliner kepada para siswa di sekolah. Berdasarkan observasi yang dilakukan, diketahui segala kegiatan akademik dan nonakademik di SMA N 10 Yogyakarta. Melihat kondisi tersebut, maka disusunlah beberapa rancangan program kegiatan untuk kegiatan akademik dan nonakademik. Beberapa hal yang harus disusun untuk kegiatan akademik antara lain Perangkat dan administrasi pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), minggu efektif, program tahunan, program semester, dan silabus. RPP ini berisi rencana kegiatan pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran, lembar penilaian, serta soal evaluasi. RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan nonakademik antara lain piket harian (loby dan perpustakaan), kegiatan upacara, dan kegiatan lain yang bersangkutan. Pada kegiatan PLT ini, penulis mendapat tugas untuk mengajar materi Biologi di kelas X MIPA 4. Penulis mengajar kelas X MIPA 4 selama 3 jam pertemuan setiap minggunya yaitu setiap hari Selasa dan Kamis. Secara keseluruhan, kegiatan PLT berjalan dengan lancar. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini diharapkan mampu mengembangkan potensi kependidikan yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/59543/}, keywords = {PLT, SMA N 10 Yogyakarta, Hasil observasi, Program kerja, Biologi} }