%L UNY59525 %K model VCT, model role playing, kemampuan berpikir kritis, sikap nasionalisme %X Penelitian ini memiliki tujuh tujuan, yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh model VCT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; 2) pengaruh model VCT terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IV SD; 3)pengaruh model VCT terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD; 4) pengaruh model Role Playing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; 5) pengaruh model Role Playing terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IV SD; 6) pengaruh model Role Playing terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD; dan 7) perbedaan pengaruh model pembelajaran VCT dan Role Playing terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN di gugus Margoagung. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Terpilih 3 SD di gugus Margoagung sebagai sampel penelitian. Pertimbangannya dikarenakan karakteristik siswa dan kualifikasi guru yang homogen, serta lokasi yang berdekatan. SDN Margoagung menggunakan Model VCT, SDN Ngino 1 menggunakan Model Role Playing, sedangkan untuk SDN Gentan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan sata meliputi tes kemampuan berpikir kritis yang berupa soal uraian dan tes sikap nasionalisme yang berupa angket skala sikap. Uji hipotesis menggunakan uji univariat dan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pengaruh model VCT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansi 0,000; 2) terdapat pengaruh model VCT terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansi 0,002; 3) terdapat pengaruh model VCT terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansinya secara berurutan yaitu 0,000 dan 0,008; 4) terdapat pengaruh model Role Playing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansi 0,009; 5) terdapat pengaruh model Role Playing terhadap sikap nasionalisme siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansi 0,000; 6) terdapat pengaruh model Role Playing terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD dengan taraf signifikansinya secara berurutan yaitu 0,017 dan 0,000; dan 7) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran VCT dan Role Playing terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD. %A Dewi Nur Masita %I UNY %D 2018 %T Pengaruh Model VCT dan Role Playing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IV SD