%I UNY %T Capaian Kemampuan Proses dan Pengetahuan Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA di Kabupaten Lampung Barat ditinjau dari Akreditasi Sekolah dan Lama Mengajar Guru %D 2018 %L UNY59505 %A Tika Mayang Sari %K Proses, pengetahuan, kognitif, akreditasi, lama mengajar %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi capaian kemampuan proses dan Pengetahuan kognitif biologi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Lampung Barat ditinjau dari akreditasi dan lama mengajar pada semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA di Lampung Barat tahun 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari 2 sekolah berakreditasi A dan 2 akreditasi B, menggunakan selected sample dan hipotetical population. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan proses dan pengetahuan, serta nontes berupa kuisioner atau Metacognitive Awarness Inventory (MAI) untuk mengukur pengetahuan metakognitif peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji t dan anova Hasil penelitian menunjukan bahwa ketercapaian kemampuan proses dan pengetahuan kognitif biologi di Lampung Barat masih rendah. Berdasarkan akreditasi dan lama mengajar diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan capaian proses dan pengetahuan kognitif peserta didik antara sekolah berakreditasi A dan B atau berdasarkan lama mengajar guru. Nilai tertinggi diperoleh oleh peserta didik dari sekolah akreditasi A dan diampu oleh guru yang lebih lama mengajarnya. Capaian pengetahuan metakognitif terrtinggi diperoleh oleh peserta didik dari sekolah akreditasi A dan diajar oleh guru yang memiliki waktu lama mengajar yang pendek.