@phdthesis{UNY5950, year = {2012}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri yogyakarta}, author = {Sofiyatun Triastuti}, title = {PERANAN PANTI ASUHAN BINA AMAL SHALEH AMANAH KLEPU SUMBERARUM MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN ANAK MELALUI KETERAMPILAN SABLON }, month = {September}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Apa bentuk peranan panti asuhan dalam pemberdayaan anak melalui keterampilan sablon, (2) Bagaimana pelaksanaan program pemberdayaan anak melalui keterampilan sablon, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi atau yang mendukung serta yang menghambat pelaksanaan program pemberdayaan anak melalui keterampilan sablon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, tutor/pelatih pemberdayaan, dan anak asuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peranan panti asuhan memberikan pelayanan kuratif dan rehabilitative berupa bimbingan kemandirian yaitu penanaman sikap pada anak asuh, bimbingan keterampilan berupa pemberian bekal keterampilan dan memanfatkan keterampilan yang mereka miliki secara maksimal, pelayanan pemeliharaan yaitu penyantunan sosial yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan kesehatan dan bimbingan fisik dan mental berupa olah raga dan kajian agama islam (2) Proses pelaksanaan program pemberdayaan disesuaikan dengan sistem pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah meliputi tutor, peranan tutor, interaksi tutor dengan warga belajar, lokasi, waktu, fasilitas, materi, pembiayaan, strategi pembelajaran, evaluasi, (3) Faktor pendukung tersedianya sarana dan prasarana, instruktur keterampilan yang sesuai dengan bidang keterampilan, area panti yang luas dengan gedungnya, kerja sama pihak swasta dalam bidang pendanaan, sementara itu yang menghambat perbedaan jenjang pendidikan anak asuh, perubahan pola hidup (tidak teratur menjadi teratur). Kata kunci: pemberdayaan anak, panti asuhan, keterampilan sablon }, url = {http://eprints.uny.ac.id/5950/} }