eprintid: 59484 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/94/84 datestamp: 2018-09-04 02:03:25 lastmod: 2019-10-01 11:32:29 status_changed: 2018-09-04 02:03:25 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Wiryawan Laksono, Wiryawan Laksono title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Proses Pembelajaran abstract: ABSTRAK Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang pada tahun ini dilaksanakan di semester genap tahun akademik 2017/2018. Melalui Praktik Lapangan Terbimbing inilah mahasiswa dapat mempraktikkan ilmunya sekaligus belajar secara langsung dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Sebagai seorang guru tentunya harus memiliki 4 kompetensi guru yaitu kompetesi pedagogi, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional. Diharapkan dengan adanya Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa belajar menguasai 4 kompetensi tersebut. Praktik Lapangan Terbimbing dilakukan selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 bertempat di SMP N 15 Yogyakarta. Pada Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Kelas yang diampu sebanyak 4 kelas yaitu kelas VII C, VII E, VII H, dan VII J. Dengan jadwal mengajar pada hari Selasa jam ke 1-3, Rabu jam ke 1-3, Kamis jam ke 1-3, dan Jumat jam ke 1-3. Di awal pelaksanaan PLT mahasiswa melakukan koordinasi dengan guru pamong mengenai proses perencanaan yaitu membuat RPP, media pembelajaran, strategi dan metode yang harus digunakan didalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada saat pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa didampingi oleh guru pamong sehingga setiap proses pembelajaran selesai guru pamong selalu memberikan masukan-masukan terkait dengan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP N 15 Yogyakarta mahasiswa belajar banyak hal. Dimulai dari proses perencanaan yaitu membuat silabus, RPP, dan media pembelajaran. Kemudian proses pembelajaran yaitu terkait dengan strategi, metode, dan pengelolaan kelas saat mengajar. Sampai dengan proses yang terakhir yaitu evaluasi pembelajaran. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE projects: Laporan PPL/PLT citation: Wiryawan Laksono, Wiryawan Laksono (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/59484/1/WIRYAWAN%20LAKSONO.pdf