@phdthesis{UNY59454, note = {Dra. Endang Mulyatiningsih, M.Pd (Dosen Pembimbing)}, month = {September}, author = {Siti Laeli Aisyah}, title = {EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KESEMPATAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SAHID SURAKARTA}, school = {Fakultas Teknik}, year = {2018}, url = {http://eprints.uny.ac.id/59454/}, keywords = {Evaluasi Pembelajaran, CIPP, Makanan Kesempatan Khusus}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanan pembelajaran pengolahan makanan kesempatan khusus di SMK Sahid Surakarta dilihat dari segi CIPP (Context, Input, Process, Product). Untuk (1) context: melihat kesesuai materi dengan kurikulum yang digunakan, (2) input: melihat latar belakang guru, motivasi belajar siswa, sarana dan prasarana, dan biaya, (3) process: perencanaan pelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian, (4) product: nilai akhir siswa kelas XII Jasa Boga. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi jenis evalutif dan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Waktu penelitian dimulai dari bulan januari sampai agustus 2018 yang dilaksanakan di SMK Sahid Surakarta beralamat Jl. Yosodipuro, Surakarta, Jawa Tengah. Subjek penelitian terdiri dari: guru, dan siswa. Objek penelitian terdiri dari: kesesuain materi pengolahan makanan kesempatan khusus dengan KTSP, latar belakang guru, motivasi siswa, sarana dan prasarana, biaya, proses pembelajaran, dan nilai akhir siswa. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk validitas menggunakan validitas isi yang diuji dengan expert judgment, kisi-kisi instrument yang uji kepada dosen dinyatakan layak untuk digunakan. Analais data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat diketahui dari segi (1) context: materi yang telah dipelajarin sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan, (2) input: (a) latar belakang pendidikan guru yang mengajar telah sesuai dengan jurusan yang dimbil dengan tingkatan terakhir S1 Jurusan Pendidikan Teknik Boga yang telah mengajar selama 10 tahun, (b) motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran dikategorikan rendah dengan persentase 40,3\%, (c) sarana dan prasarana sudah masih ada beberapa yang belum sesuai standarnya (d) biaya untuk melaksanakan praktik sebesar 150-300 ribu yang dibagi perkelompok atau individu yang digunakan sekali praktik. (3) Process: pelaksanaan yang dilakukan pertama kali yaitu pembuatan RPP yang sudah sesuai dengan silabus, pelaksanaan pembelajaran guru memberikan motivasi terlebih dahulu, dan penilaian siswa dilakukan secara memberikan tugas disekolah, melakukan remedial apabila nilai tidak mencapai KKM. (4) Product; hasil nilai akhir siswa kelas XII Jasa Boga dikategorikan rendah dengan persentase 41,7\%.} }