%0 Thesis %9 S1 %A Chasanah, Rahmawati Nur %B Pendidikan Teknik Busana %D 2018 %F UNY:59439 %I Fakultas Teknik %K analisis kesulitan belajar aspek kognitif, pengetahuan bahan tekstil %T ANALISIS KESULITAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK SOSIAL ISLAM 1 PRAMBANAN %U http://eprints.uny.ac.id/59439/ %X Tujuan penelitian ini mengetahui : (1) Gambaran tentang tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X Tata Busana pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil di SMK Sosial Islam 1 Prambanan ditinjau dari ujian akhir semester pengetahuan bahan tekstil dan (2) kesulitan belajar yang paling dominan yang dialami siswa kelas X Tata Busana pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil di SMK Sosial Islam 1 Prambanan ditinjau dari ujian akhir semester pengetahuan bahan tekstil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian meliputi seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK Sosial Islam 1 Prambanan dengan jumlah sampel 38 siswa. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk (construct validity) dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kesulitan belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada siswa kelas X Tata Busana di SMK Sosial Islam 1 Prambanan ditinjau dari hasil ujian akhir semester diketahui 41,12% pada kemampuan siswa menyebutkan macam-macam benang termasuk kategori sedang, 39,47% pada kemampuan siswa memahami benang tekstil termasuk kategori sedang, 52,85% pada kemampuan siswa menganalisis bahan tekstil sesuai dengan bentuk tubuh dan kesempatan termasuk kategori sedang, 45,26% pada kemampuan siswa menentukan bahan pelengkap dan bahan pelapis termasuk kategori sedang, 48,68% pada kemampuan siswa menentukan konstruksi tenunan silang, polos, kepar dan satin termasuk kategori sedang, 48,03% pada kemampuan siswa menentukan cara pemeliharaan bahan tekstil dan busana termasuk kategori sedang dan diketahui (2) kesulitan belajar yang paling dominan yang dialami siswa terdapat pada indikator kemampuan siswa dalam menganalisis bahan tekstil sesuai dengan bentuk tubuh dan kesempatan. %Z Triyanto, S.Sn., M.A (Dosen Pembimbing)