eprintid: 5942
rev_number: 12
eprint_status: archive
userid: 1190
dir: disk0/00/00/59/42
datestamp: 2012-09-18 14:27:28
lastmod: 2019-01-29 16:23:14
status_changed: 2012-09-17 15:25:21
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Nurlaily, Zaroh
title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA
MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRET PADA ANAK
KELOMPOK A DI TK ABA PAMPANG II GUNUNGKIDUL
ispublished: pub
subjects: F4
subjects: pssd_pgpaud
divisions: fip_paud
full_text_status: public
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui penggunaan benda konkret pada anak kelompok A di Taman Kanak- Kanak Aisyiyah Bustanul Atfal Pampang II, Paliyan, Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan mengenal angka 1-10 anak kelompok A di TK ABA Pampang II Gunungkidul. Melalui benda konkret anak dapat menggunakan seluruh inderanya dengan cara melihat, menyentuh, memegang, dan memindahkannya
secara langsung. Terlebih dahulu anak menghitung banyaknya benda, setelah itu benda dihubungkan dengan angka yang sesuai. Upaya untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada penelitian ini melalui penggunaan benda konkret yang menarik untuk anak yaitu berupa makanan. Dengan benda konkret
tersebut kemampuan anak mengenal angka dapat meningkat sesuai yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh, kemampuan anak mengenal angka pra tindakan hanya ada 3 anak (23,07%) dengan kriteria baik. Setelah adanya tindakan siklus I kemampuan mengenal angka kriteria baik menjadi 7 anak (53,85%). Pada tindakan siklus II kemampuan anak mengenal angka kriteria baik meningkat menjadi 11 anak (84,62%). Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa benda konkret memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran mengenal angka, karena melalui penggunaan benda konkret kemampuan anak dalam mengenal angka dapat meningkat.

Kata kunci: Kemampuan mengenal angka, benda konkret, anak kelompok A.


date: 2012-08-28
date_type: published
institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
department: PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
thesis_type: skripsi
citation:   Nurlaily, Zaroh  (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA PAMPANG II GUNUNGKIDUL.  S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/5942/1/Zaroh%20Nurlaily.pdf