%D 2018 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA KELAS V DALAM TEMA “LINGKUNGAN SAHABATKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SD NEGERI PILAHAN YOGYAKARTA %A Aditya Yoga Ardika %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas pada tema “lingkungan sahabatku"di SD Negeri Pilahan, Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pilahan, Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learningdalam pembelajaran tema 8 “lingkungan sahabatku” dengan enamlangkah yaitu, (1)stimulation, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data processing, (5) verification dan, (6) generalization ternyata dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Pilahan. Hasil tesketerampilan berpikir kreatif siswa pada pra siklusmenunjukkanbahwa 0% (0 siswa) yang mencapai kriteria tinggi dan meningkat menjadi 71,43% (15 siswa) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 90,47% (19 siswa) yang mencapai skor kriteria tinggi. Persentase perolehan skor siswa dalam keterampilan berpikir kreatif juga meningkat dari pra siklus sebesar 37,32% dan meningkat pada siklus I menjadi 67,68% kemudian meningkat lagi menjadi 83,63%pada siklus II. Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran discovery learning. %L UNY59388