%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran completing drawing sebagai pengembangan deskripsi kreativitas awal dalam menggambar pada siswa basic di Eko Nugroho Art Class Yogyakarta. Penilitan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa basic class Eko Nugroho Art Class. Objek penelitian yaitu hasil menggambar menggunakan media completion drawing. Penelitian difokuskan pada usaha pengembangan kreativtas simbol atau bentuk, kreativitas warna, kreativitas ide dan gagasan lukisan serta proses dan perilaku kreatif saat melukis dengan media completion drawing. Teknik pengumpulan data penelitian ini difokuskan pada penerapan media pembelajaran completion drawing yang dilanjutkan dengan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terkait pengembangan kreatifitas pada basic class siswa Eko Nugroho Art Class. Hasil penelitian kreativitas menggambar menggunakan media completion drawing mampu memotivasi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Keberhasilan penelitian terlihat dari perbandingan hasil gambar anak sebelum menggunakan media completion drawing kurang mengembangkan kreativitasnya dari segi kreativitas ide dan gagasan, kreativitas simbol atau bentuk objek gambar, dan kreativitas warna. Sesudah menggunakan media completing drawing sebanyak dua kali gambar anak menjadi lebih berkembang kreativitasnya dari segi kreativitas ide dan gagasan, kreativitas memodifikasi dan menambahkan simbol atau bentuk objek gambar, dan kreativitas dalam mengolah warna yang digunakan. Pengembangan kreativitas juga terlihat pada kemampuan anak mengasosiasikan benda-benda disekitarnya. %K Completion drawing, Kreativitas, Eko Nugroho Art Class %A Mayang Astia Paramita %L UNY59379 %D 2018 %T PEMBELAJARAN COMPLETION DRAWING BAGI SISWA BASIC CLASS EKO NUGROHO ART CLASS YOGYAKARTA %O Dr. Hadjar Pamadhi, MA (Hons) - (Dosen Pembimbing) %I Fakultas Bahasa dan Seni