eprintid: 5937 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/00/59/37 datestamp: 2012-09-18 10:43:57 lastmod: 2019-01-29 16:23:05 status_changed: 2012-09-17 15:06:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prihartanto, Win Yoga title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD N I BEDAGAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: D9 subjects: pendidikan_ips subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif model Cooperative Learning tipe NHT terhadap motivasi belajar, serta untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT ataukah model pembelajaran diskusi kelompok yang lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Bedagas Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri I Bedagas Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 48 siswa dengan rincian 24 siswa untuk kelas A dan 24 siswa pula untuk kelas B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata motivasi pada kelas eksperimen pasca treatment (6,875) > dari pada nilai rata-rata motivasi pada pra treatment (6,125). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SD N I Bedagas Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012, dan berdasarkan hasil analisis rata-rata skor angket motivasi belajar pasca treatment dari kedua kelompok didapatkan kelompok eksperimen atau kelompok NHT ( date: 2012-09-17 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: skripsi citation: Prihartanto, Win Yoga (2012) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD N I BEDAGAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/5937/1/Win%20Yoga%20Prihartanto.pdf