%D 2018 %T Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Terintegrasi Pembelajaran Hibrid pada Materi Ikatan Kimia %I UNY %A Miarti Khikmatun Nais %K laboratorium virtual kimia, pembelajaran hibrid, ikatan kimia, prestasi belajar, efikasi diri %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik laboratorium virtual kimia terintegrasi pembelajaran hibrid pada materi ikatan kimia, (2) kualitas produk laboratorium virtual kimia, dan (3) perbedaan prestasi belajar dan efikasi diri peserta didik yang menggunakan laboratorium virtual kimia terintegrasi pada peserta didik yang melakukan praktikum di laboratorium nyata. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perencanaan produk, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Produk laboratorium virtual kimia divalidasi secara teoritis oleh ahli materi, ahli media, dan dua pendidik kimia SMA, serta diuji keterbacaan oleh lima orang peserta didik. Laboratorium virtual kimia diujicobakan pada tiga kelas peserta didik kelas X SMA, dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data prestasi belajar peserta didik diperoleh melalui soal post-test, sementara data efikasi diri diperoleh melalui angket efikasi diri. Soal post-test dan angket efikasi diri telah divalidasi secara teoritis dan empiris. Intrumen soal post-test memiliki kategori reliabilitas sangat baik, sedangkan angket efikasi diri memiliki kategori reliabilitas dapat diterima. Teknik Manova digunakan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar dan efikasi diri peserta didik. Sementara hasil penilaian produk laboratorium virtual kimia dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas laboratorium virtual kimia. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Laboratorium virtual kimia merupakan simulasi percobaan ikatan kimia yang dilengkapi model 3 dimensi yang dapat memvisualisasikan materi ikatan kimia yang bersifat abstrak. (2) Kualitas laboratorium virtual kimia terintegrasi pembelajaran hibrid termasuk dalam kategori Baik. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik yang menggunakan laboratorium virtual kimia baik sebagai suplemen maupun sebagai pengganti dibandingkan peserta didik yang melakukan praktikum di laboratorium nyata, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada efikasi diri peserta didik. %L UNY59313