%A Diantyastuti Ramadhani %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh interaksi guru dengan siswa dan lingkungan belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto, asosiatif kausal, dan sensus dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa, dan seluruhnya diambil sebagai subyek/responden penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh positif interaksi guru dengan siswa terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates, dibuktikan dengan nilai b1=0,631 , nilai t=2,743, dan sig 0,008 < 0,05. 2). Terdapat pengaruh positif lingkungan belajar terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates, dibuktikan dengan nilai b2=0,444, nilai t=2,213 dan sig 0,031<0,05. 3). Terdapat pengaruh positif interaksi guru dengan siswa dan lingkungan belajar secara simultan terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates, dibuktikan nilai R=0,510, nilai R2=0,260. Interaksi guru dengan siswa memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat belajar ekonomi dibandingkan lingkungan belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai SR=57,39% dan nilai SE=14,92% (untuk interaksi guru dengan siswa), sedangkan nilai SR=42,61% dan nilai SE=11,08% (untuk lingkungan belajar). Kata kunci: Interaksi Guru Dengan Siswa, Lingkugan Belajar, Minat Belajar %L UNY59254 %T PENGARUH INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS SMA N 1 WATES %D 2018 %I Fakultas Ekonomi