<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/title> "Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan \r\nLiterasi IPA dan Praktik Peserta Didik SMP sesuai Nature of Science (NoS)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian IPA \r\nyang berupa tes pilihan ganda dalam mengukur kemampuan literasi IPA dan \r\npraktik sesuai NoS yang valid dan reliabel, (2) mengidentifikasi karakteristik \r\ninstrumen penilaian kemampuan literasi IPA dan praktik sesuai NoS, dan (3) \r\nmendeskripsikan hasil pengukuran kemampuan literasi IPA dan praktik peserta \r\ndidik kelas VIII-D SMP N 2 Pare menggunakan instrumen penilaian sesuai NoS\r\nyang dikembangkan.\r\nPenelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan instrumen \r\nADDIE dan Mardapi. Tahap pengembangan instrumen dalam penelitian ini \r\nmeliputi: 1) pernyusunan tes, 2) uji coba tes, dan 3) pengukuran hasiltes. Subjek \r\nuji coba tes adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pare, SMP N 1 Badas, dan \r\nSMP N 2 Puncu Kabupaten Kediri. Subjek uji lapangan utama yaitu peserta didik \r\nkelas VIII D SMP N 2 Pare. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, dan \r\ntes. Instrumen penilaian (tes) berupa pilihan ganda, yang telah divalidasi, \r\ndiujicobakan pada 226 peserta didik dari tiga SMP di Kabupaten Kediri. Data \r\nberupa jawaban siswa dianalisis menggunakan model Rasch dengan software \r\nWinsteps3.73.\r\nHasil penelitian yang diperoleh adalah (1) instrumen penilaian kemampuan \r\nliterasi IPA memiliki 36 butir soal yang fit. Instrumen penilaian kemampuan \r\npraktik memiliki 34 butir soal yang fit. Instrumen penilaian ini juga telah \r\nmemenuhi Aiken’s validity content dengan kriteria valid. Reliabilitas instrumen \r\npenilaian kemampuan literasi IPA dan praktik memperoleh kriteria baik dan \r\nsangat baik.(2) Karakteristik instrumen penilaian adalah butir soal dengan tingkat \r\nkesulitan sedang lebih banyak, pengukuran kemampuan peserta didik pada tingkat \r\nsedang lebih optimal, dan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik kelas \r\nVIII. (3) Penguasaan kemampuan literasi IPA dan praktik peserta didik kelas VIII \r\nD SMP N 2 Pare berada pada tingkat sedang. Korelasi antara kemampuan literasi \r\nIPA dan praktikpositif dan sangat kuat."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/date> "2018-07-31" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/494580> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "UNY"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Program Pascasarjana, UNY"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-df22a66dd8a6b563cf88eb74cb4fa8f3> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-808174ac9dd47acd7e014b82cdc99e93> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9dbf05ca0b82fc1a6dfe8f80faa081d6> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9dbf05ca0b82fc1a6dfe8f80faa081d6> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9dbf05ca0b82fc1a6dfe8f80faa081d6> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9dbf05ca0b82fc1a6dfe8f80faa081d6> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Shita Dwiyanti"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9dbf05ca0b82fc1a6dfe8f80faa081d6> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Vitasari"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9dbf05ca0b82fc1a6dfe8f80faa081d6> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Shita Dwiyanti Vitasari"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/494580> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/494580> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/494580> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan \r\nLiterasi IPA dan Praktik Peserta Didik SMP sesuai Nature of Science (NoS) (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/494580> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/59243/1/tesis-shita-dwiyanti-vitasari-16708251016.swf> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/494580> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/59243/1/tesis-shita-dwiyanti-vitasari-16708251016.swf> . <http://eprints.uny.ac.id/59243/1/tesis-shita-dwiyanti-vitasari-16708251016.swf> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "tesis-shita-dwiyanti-vitasari-16708251016.swf"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/59243/> . <http://eprints.uny.ac.id/59243/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #59243 \n\nPengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan \nLiterasi IPA dan Praktik Peserta Didik SMP sesuai Nature of Science (NoS)\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/59243/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/59243/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/ipa> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/ipa> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Ilmu Pengetahuan Alam" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/ipa> .