%I Fakultas Teknik %D 2018 %T PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 MAGELANG %L UNY59239 %K permainan, puzzle, algoritma %X Selama ini algoritma menjadi tumpuan dalam melakukan pemrograman, tetapi kurang diminati oleh siswa karena dianggap tidak penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan permainan dengan konsep puzzle sebagai media pembelajaran algoritma yang menarik dan menyenangkan, (2) memastikan kualitas permainan yang dikembangkan agar layak digunakan dengan melakukan pengujian aspek fungsionalitas, aspek materi, compatibility testing, balance testing, compliance testing, playtesting, dan usability testing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. ADDIE memiliki 5 tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Permainan yang dikembangkan terdiri dari 3 bagian utama: (1) menu utama yang berisi menu main, pengaturan, cara bermain, tentang permainan, profil pengembang, papan skor, dan keluar, (2) menu level yang berisi menu pemilihan level, dan (3) permainan yang berisi karakter, peta, dan blok perintah yang harus disusun. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) permainan puzzle yang digunakan sebagai media pembelajaran konsep dasar algoritma, (2) kualitas permainan layak digunakan dengan hasil pengujian fungsionalitas dan compatibility mendapatkan persentase kelayakan 100% (sangat layak), pengujian oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan 85% (sangat layak), pengujian oleh ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 83,93% (layak), pengujian oleh pengguna mendapatkan persentase kelayakan sebesar 82,05% (layak) dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,92 (excellent). %A Permadi Afrian %O Dr. Fatchul Arifin, M.T (Dosen Pembimbing)