TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran batik ikat celup pada siswa autis di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan, perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Analisis data diawali dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran batik ikat celup pada siswa autis di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta dengan mempersiapkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta alat dan bahan yang berpedoman pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik. Media pembelajaran menggunakan contoh alat, bahan, serta karya batik ikat celup siswa terdahulu. (2) Pelaksanaan pembelajaran batik ikat celup menggunakan Metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas, serta menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Hal ini dirasa masih sulit bagi peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran terkadang mengalami terhambat karena keterbatasan peserta didik, sehingga masih diperlukan pendampingan secara intensif. (3) Evaluasi pembelajaran batik ikat celup dilakukan oleh guru mata pelajaran batik ikat celup menggunakan penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, dan hasil karya yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan kemampuan yang dapat dilihat melalui aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. ID - UNY59192 A1 - Febriantyastuti, Fajar PB - Pendidikan Seni Kerajinan Y1 - 2018/08/20/ UR - http://eprints.uny.ac.id/59192/ M1 - skripsi AV - public TI - PEMBELAJARAN BATIK IKAT CELUP DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA ER -