%D 2012 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ISI DONGENG SISWA KELAS V SD NEGERI KLUMPRIT 04 KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2011/2012 %A Yovita Erika %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap kemampuan menyimak isi dongeng kelas V SD Negeri Klumprit 04 Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan variabel terikat kemampuan menyimak isi dongeng siswa kelas V SD Negeri Klumprit 04, dan variabel bebasnya adalah media video. Desain penelitiannya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Klumprit 04, yang berjumlah 40 siswa, dan terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan menyimak isi dongeng dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu, tahap deskripsi data, tahap uji persyaratan analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar siswa. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan, uji hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil kemampuan menyimak isi dongeng pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % (alpha = 0,05). Hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan media video berpengaruh positif terhadap kemampuan menyimak isi dongeng siswa kelas V SD Negeri Klumprit 04 tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung 3,288 > ttabel 2,021 dan nilai sig 0,002< 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci: media video, kemampuan menyimak isi dongeng. %L UNY5915