TY - UNPB UR - http://eprints.uny.ac.id/59109/ M1 - skripsi AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI DASAR BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK N 5 YOGYAKARTA ID - UNY59109 KW - pengembangan KW - media interaktif KW - animasi KW - flash PB - Fakultas Teknik A1 - Diaz, Anggit Purnaning N1 - Dr. Priyanto, M. Kom (Dosen Pembimbing) Y1 - 2018/08/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran yang bersifat interaktif untuk pembelajaran Animasi Dasar berbasis Adobe Flash CS6, (2) mengetahui kelayakan media interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran di dalam ruang kelas. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Penelitian ini meliputi tahap concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (distribusi). Media pembelajaran interaktif diuji oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan 30 siswa Kelas XI SMA N 5 Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan metode angket. Penilaian kualitas menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Data berupa data kualitatif yang diubah menjadi bentuk kuantitatif dan selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kualitas media pembelajaran interaktif animasi dasar yang telah dikembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah multimedia pembelajaran interaktif materi Animasi Dasar yang berisikan teori, gambar yang mendukung teori, 12 prinsip dasar animasi beserta video dan quiz pilihan ganda. Uji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan hasil 88% oleh ahli materi, yang termasuk kategori Layak, mendapatkan hasil 81% oleh ahli media, yang termasuk dalam kategori Layak, dan mendapatkan hasil 76,4% oleh uji siswa atau user, yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Animasi Dasar berbasis komputer dengan menggunakan Adobe Flash CS6 layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran. ER -