TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri Luweng Lor dengan menggunakan alat peraga. Subyek PTK ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Luweng Lor berjumlah 28 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar Peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Materi dalam penelitian ini adalah membandingkan bilangan, membilang secara urut, menulis dan membaca lambang bilangan, membedakan bilangan ganjil dan genap, dan membilang loncat. Alat peraga yang digunakan kartu lambang bilangan, abakus, dan tangga garis bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Luweng Lor dalam pembelajaran Matematika. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai rerata kelas dari sebelum dikenai tindakan nilainya 58,92, setelah dikenai tindakan pada akhir siklus I nilai rata-ratanya menjadi 73,75, pada akhir siklus II nilai rata-ratanya 83,75. Peningkatan hasi belajar juga dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang sudah mencapai nilai KKM yaitu pada sebelum tindakan 39,29%, akhir siklus I 75% dan akhir siklus II 100%. Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran matematika, penggunaan alat peraga UR - http://eprints.uny.ac.id/5903/ Y1 - 2012/09/17/ ID - UNY5903 A1 - Pujiastuti, - PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI LUWENG LOR KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO AV - public ER -