%L UNY5900 %I Universitas Negeri Yogyakarta %A Peni Ekowati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Hasanudin Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di lima Sekolah Dasar yang berada di Gugus Hasanudin Kecamatan Binangun. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data kemampuan membaca menggunakan dokumentasi dan data hasil belajar IPS menggunakan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah soal IPS yang berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Hasanudin Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Adapun hubungan tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,851 dan lebih besar dari r taraf signifikan 5% (0,207). Kata Kunci: kemampuan membaca, hasil belajar IPS, siswa kelas V SD %T HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2011/2012 %D 2012