@phdthesis{UNY5888, month = {July}, year = {2012}, author = {Saryati Saryati}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA TRAYU GALUR KULON PROGO}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui penggunaan media gambar pada anak kelompok A TK ABA Trayu Galur Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis \& Taggart. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK ABA Trayu Galur Kulon Progo yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Obyek penelitian adalah peningkatan kemampuan bercerita melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 85 \% dari jumlah anak mempunyai kemampuan bercerita dalam kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak Kelompok A TK ABA Trayu Galur Kulon Progo sebagian besar menunjukkan kategori baik. Kemampuan bercerita dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar. Peningkatan yang diperoleh sebesar 59,9\%. Sebelum diberi tindakan kemampuan bercerita anak masih kurang. Dari hasil pelaksanaan observasi diperoleh peningkatan perkembangan kemampuan bercerita anak melalui media gambar sebelum tindakan ke siklus I sebesar 24,4\%. Sebelum tindakan anak yang memperoleh hasil dengan kriteria baik sebesar 26,7\%. Setelah diberi tindakan pada siklus I, persentase kemampuan bercerita anak sebesar 51,1\% dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II ada peningkatan sebesar 35,5\% menjadi 86,6\% anak yang memperolah hasil dengan kriteria baik. Kata kunci : kemampuan bercerita, media gambar, TK Kelompok A }, url = {http://eprints.uny.ac.id/5888/} }