@phdthesis{UNY58816, month = {August}, author = {Manggar Gendro Biyen Wahyono}, title = {PENGEMBANGAN DESAIN INTERIOR KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAK-KANAK (KB-TK) FULL DAY SCHOOL BERBASIS ISLAMI}, note = {Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn (Dosen Pembimbing)}, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, year = {2018}, url = {http://eprints.uny.ac.id/58816/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain interior pada lembaga KB-TK full day school berbasis Islami di TKIM Bhakti Mulia. Desain Interior Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) full day School berbasis Islami menggunakan metode penelitian R\&D (Research and Development) yang merujuk pada Sugiyono (2016). Langkah -langkah penelitian meliputi analisis potensi masalah dengan cara studi pendahuluan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Tahapan selanjutnya berupa pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pembuatan gambar desain interior KB-TK full day school berbasis Islami. Produk desain tersebut divalidasi oleh ahli desain, pakar PAUD, dan praktisi KB-TK Islam. Hasil uji validasi kelayakan produk desain sebesar 95,33\% dengan kriteria sangat layak dan sedikit perubahan. Tahap validasi dijadikan sebagai masukan untuk melakukan revisi produk. Produk akhir yang telah direvisi kemudian disosialisasikan dan didiskusikan dalam kegiatan Focus Discusion Grup (FGD) bersama Kepala Sekolah, Wakil kepala Sekolah, guru pendidik dan tenaga kependidikan di TKIM Bhakti Mulia. Hasil penelitian berupa desain interior KB-TK full day school berbasis Islami dengan konsep ruang ramah anak dan ruang berbasis Islami. Hasil penelitian berupa produk desain sebagai berikut: 1) konsep desain interior KB-TK berbasis Islami 2) Gambar desain berupa gambar kerja, gambar 360? dan gambar perspektif ruangan 3)Video presentasi ruangan.} }