%D 2018 %I Pendidikan Seni Rupa %T FILM DONGENG SEBAGAI STIMULUS PENGEMBANGAN IMAJINASI MENGGAMBAR ANAK DI TK NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL %L UNY58815 %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Film Dongeng sebagai Stimulus Pengembangan Imajinasi Menggambar Anak di TK Negeri 1 Ponjong Gunungkidul. Jenis penelitian adalah penelitian deskripstif kualitatif. Subyek penelitian adalah Siswa-siswi TK Negeri 1 Ponjong Kelompok B2, objek material penelitian adalah karya siswa-siswi TK Negeri 1 Ponjong kelompok B2, sedangkan objek formal penelitian adalah imajinasi menggambar anak. Penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, wawancara, dan data tindakan kelas. Data dianalisis menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film dongeng berpengaruh dalam mengembangkan imajinasi menggambar pada anak. Siswa kelompok B2 TK Negeri 1 Ponjong mampu mewujudkan atau memvisualisasikan bentuk-bentuk dari film dongeng yang telah diberikan dengan versi dan gaya yang berbeda-beda sesuai dengan pengamatan, pemahaman karakter pada tokoh film dongeng yang telah diputarkan serta imajinasi mereka masing-masing. Karakteristik dan tipe hasil gambar juga bermacam-macam yakni tipe non-haptic, haptic, dan willing type. Mayoritas tipe lukis anak pada pemutaran film dongeng ini adalah tipe non- haptic, karena hampir seluruh anak kelas B2 di TK Negeri Ponjong sangat antusias saat pemutaran film dongeng berlangsung sehingga meskipun mereka berimajinasi dan memiliki pemahaman bentuk yang berbeda beda dalam memvisualisasikan pengamatannya, anak-anak dapat menangkap dan memahami alur dengan sangat baik. Disimpulkan bahwa siswa kelompok B2 TK Negeri Ponjong mampu menangkap dan menerima film dongeng sebagai stimulus untuk mengembangkan imajinasi sekaligus minat menggambar anak. %A Restia Ardiatna Ayu Larasati %A Hajar Pamadhi