TY - RPRT Y1 - 2017/// N2 - Paktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang kependidikan, secara khusus memberikan pengalaman bagi mahasiswa sebagai calon pendidik untuk melatih dan mengembangkan empat kompetensi pendidik, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran, dan mengasah kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat. PLT ini dilaksanakan pada 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 di SD Negeri Gadingan Kegiatan dimulai dari pembekalan, penerjunan mahasiswa PLT, penyusunan program kerja, praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, ujian praktik mengajar, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi. Program kerja meliputi observasi, orientasi, praktik mengajar, evaluasi praktik mengajar, pendampingan ekstrakurikuler yang terdiri dari tari, TPA, batik, dan olahraga, serta program peringatan Hari Jadi Kulon Progo menghias kelas, mading, pengecatan, tamanisasi, perpisahan, dan diakhiri dengan penarikan PLT disertai dengan penyusunan laporan PLT. Dari pelaksanaan kegiatan PLT maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal permasalahan disekolah baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait yaitu SD Negeri Gadingan Wates Kulon Progo. PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Novitasari, Novitasari TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SD NEGERI GADINGAN AV - public KW - PLT KW - SD Negeri Gadingan KW - `UNY ID - UNY58666 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/58666/ ER -