eprintid: 58661 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/86/61 datestamp: 2018-08-23 10:04:40 lastmod: 2019-10-01 11:29:55 status_changed: 2018-08-23 10:04:40 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Ilyas Maulana, Muhammad Ilyas Maulana title: LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT SD Negeri Gadingan, Kegiatan PLT abstract: SD Negeri Gadingan merupakan salah satu sekolah yang di tunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PLT pada tahun 2017 di lokasi ini terdiri 8 mahasiswa/i program studi PGSD Kelas dan 6 mahasiswa/i dari program studi PGSD Penjas. Tujuan dari program PLT adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang managerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal belajar dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program kegiatan PLT adalah mengajar mata pelajaran dasar selama kurang lebih dua bulan terhitung dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. setiap maahasiswa melakukan praktik mengajar penjas sebanyak delapan kali pertemuan secara terbimbing oleh guru pamong yang ada di sekolah. Sebelum proses pembelajaran dilaksanakan di lapangan, praktikan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga membuat media pembelajaran untuk mempermudah jalannya pembelajaran. Sebelum praktikan mengajar, mahassiswa berkonsultasi terlebih dahulu dengan guru pamong, agar mendapat arahan saat mengajar dan menyempurnakan RPP. Dari pelaksanaan kegiatan PLT, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT, dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan , memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah di pelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik diantara UNY dengan sekolah yang terkait. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Muhammad Ilyas Maulana, Muhammad Ilyas Maulana (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58661/1/14604221041_Muhammad%20Ilyas%20Maulana_.pdf