eprintid: 58562 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/85/62 datestamp: 2018-08-23 10:03:57 lastmod: 2019-10-01 11:30:24 status_changed: 2018-08-23 10:03:57 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Nida Shafiya Ambaswari, Nida Shafiya Ambaswari title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN DURUNGAN, KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULON PROGO ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, SD Negeriu Gadingan , UNY abstract: Paktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PLT ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2017 dimulai pada 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan ini berlokasi di SD Negeri Gadingan tujuan dari program PLT memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa sebagai wadah untuk melatih dan mengembangkan kompetensi yang dimiliki mahasiswa berkaitan dengan pendidikan, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran, dan mengasah kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat. Kegiatan PLT dimulai dari penerjunan mahasiswa PLT dan diisi dengan berbagai program kerja. Program kerja yang dilaksankan adalah observasi dan orientasi kemudian praktek mengajar sebanyak 10 kali, menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya, dlanjutkan dengan evaluasi praktik mengajar, beberapa pendampingan ekstrakurikuler yang terdiri dari tari, TPA, batik dan olahraga, serta program peringatan Hari Jadi Kulon Progo menghias kelas, mading, pengecatan, tamanisasi, perpisahan, dan diakhiri dengan penarikan PLT disertai dengan penyusunan laporan PLT. Dari pelaksanaan kegiatan PLT maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetetnsi sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal permasalahan disekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapka ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait yaitu SD Negeri Gadingan Wates Kulon Progo. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Nida Shafiya Ambaswari, Nida Shafiya Ambaswari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN DURUNGAN, KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58562/1/NIDA%20SHAFIYA%20AMBASWARI%2014108241039%20F4.pdf