%0 Thesis %9 S1 %A Endang Yuliastuti Wahyu Wardani, 14105241039 %B Jurusan KTP Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:58529 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EVALUASI PENGELOLAAN FASILITASI BELAJAR PADA PROGAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI 1 TRIRENGGO %U http://eprints.uny.ac.id/58529/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas perencanaan dan pelaksanaan fasilitasi belajar pada program pendidikan inklusif di SD Negeri 1 Trirenggo. Perencanaan dilihat dari RPP dan silabus serta Program Pembelajaran Individual yang digunakan para pendidik di SD Negeri 1 Trirenggo, sedangkan pelaksanaan ditinjau dari ketersediaan fasilitas umum dengan kebutuhan peserta didik, kesesuaian media dan sumber belajar dengan kebutuhan peserta didik, dan efektifitas strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas inklusif yang berlangsung di SD Negeri 1 Trirenggo. Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi dengan model descrepancy dan metode penelitian survey. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Trirenggo dalam rentang waktu 23 April sampai dengan 12 Mei 2018. Objek evaluasi dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan Guru Pendamping Khusus (GPK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Teknik analisis data dengan menghitung nilai presentase capaian standar efektifitas, kemudian membandingkannya dengan tabel kriteria efektifitas pengelolaan fasilitasi belajar. Hasil penelitian evaluasi ini adalah: (1) Perencanaan fasilitasi belajar pada program pendidikan inklusif di SD Negeri 1 Trirenggo cukup efektif yaitu memenuhi 50% kriteria standar pegelolaan fasilitasi belajar. (2) Pelaksanaan fasilitasi belajar pada program pendidikan inklusif di SD Negeri 1 Trirenggo sangat efektif yaitu memenuhi 100% kriteria standar pengelolaan fasilitasi belajar