%T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kecerdasan spasial pada materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Se Kecamatan Jetis Bantul yang terdiri dari 24 sekolah sebanyak 559 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD N Bendosari sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Canden sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap kecerdasan spasial pada materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata pada kelas kontrol (80,68>72,44). Artinya, nilai rata-rata pada kelas yang diberikan perlakuan dengan media video pembelajaran memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberikan perlakuan tanpa menggunakan media video pembelajaran. %D 2018 %A 10105244009 Septian Verra Kusumawardani %L UNY58524 %I Universitas Negeri Yogyakarta