TY - THES A1 - M. Rastra Surya Pradana, 12105241021 TI - PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD 1 PATALAN PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - restricted Y1 - 2018/07/30/ ID - UNY58520 UR - http://eprints.uny.ac.id/58520/ N2 - Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Monopoli Indahnya Kebersamaan yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD 1 Patalan. Media ini diharapkan mampu menjadi alternatif media pembelajaran pada tema indahnya kebersamaan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model Dick & Carey, Arief S Sadiman, dan Borg & Gall. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan pokok yaitu: (1) studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, serta analisis pebelajar. (2) tahap pengembangan terdiri dari merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan materi, merumuskan alat evaluasi, pengembangan produk awal, dan validasi produk, (3) tahap evaluasi terdiri dari uji coba lapangan awal, revisi produk hasil uji coba, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan revisi produk akhir. Penelitian ini melibatkan 2 dosen UNY sebagai validator dan 26 siswa kelas IV SD 1 Patalan sebagai subjek uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Penilaian produk dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,2 dengan kriteria baik. Penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor 4,84 dengan kriteria sangat baik. Uji lapangan awal mendapatkan presentase 86,67% dengan kriteria layak, uji coba lapangan mendapatkan presentase 96,67% dengan kriteria layak, uji coba operasional mendapatkan presentase 97,14% dengan kriteria layak. Berikutnya, sebelum siswa menggunakan produk ini dilakukan pretest dengan rerata nilai yang didapat 5,96, sedangkan rerata nilai yang didapat setelah posttest yaitu 7,77, sehingga rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 1,81. Jadi, media Monopoli Indahnya Kebersamaan dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. M1 - skripsi ER -