%0 Thesis %9 S1 %A Lina Maulani Ikhsan, 14105241005 %B Jurusan KTP Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:58517 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFEKTIVITAS PELATIHAN PARENTING METODE STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA PENGASUHAN BAGI ORANG TUA SISWA KELAS III A SDN DERESAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/58517/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan parenting metode studi kasus terhadap peningkatan pemahaman pola pengasuhan bagi orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah preexperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial nonparametris dengan Chi Kuadrat untuk mengetahui signifikansi peningkatan pemahaman pola pengasuhan dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan parenting metode studi kasus efektif meningkatkan pemahaman pola pengasuhan bagi orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Efektivitas pelatihan parenting metode studi kasus terhadap peningkatan pemahaman pola pengasuhan ini berdasarkan hasil uji Chi Kuadrat yang memiliki nilai nilai Asymp. Sig 0,035 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil pre-test dan post-test. Serta pelatihan parenting metode studi kasus mencapai semua indikator program pelatihan efektif.