<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi berupa gambaran\r\nmengenai bentuk penerapan prinsip desain pesan pembelajaran dalam animasi\r\n“Kampung Edu” di Televisi Edukasi terkait konten yang disajikan dari aspek\r\nprinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif,\r\numpan balik dan perulangan.\r\nPenelitian ini menggunakan metode analisis isi, yang mengadopsi langkahlangkah\r\nmenurut Eriyanto. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perumusan tujuan\r\nanalisis, konseptualisasi dan operasionalisasi, pembuatan lembar koding (coding\r\nsheet) atau kisi-kisi instrumen, penentuan populasi dan sampel, proses koding, input\r\ndata, dan analisis. Obyek penelitian adalah animasi “Kampung Edu” di Televisi\r\nEdukasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instumen penelitian yang\r\ndisajikan dalam lembar koding (coding sheet). Teknik analisis data yang digunakan\r\nadalah deskriptif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan prinsip desain pesan\r\npembelajaran dalam animasi “Kampung Edu” di Televisi Edukasi, meliputi prinsip\r\nkesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif, umpan\r\nbalik, dan perulangan. Adapun bentuk penerapan prinsip desain pembelajaran,\r\nsebagai berikut: 1) kesiapan dan motivasi meliputi penampilan judul, perkenalan\r\nkarakter, penyampaian misi karakter, dan pengondisian penonton, dan\r\npenyampaian manfaat film; 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi\r\npenggunaan daya tarik karakter, humor, rasa takut, kesalahan, rasional, emosional,\r\nmusik, dan teknik penyajian yang bervariasi; 3) partisipasi aktif dibuktikan dengan\r\nadanya partisipasi mental; 4) umpan balik meliputi umpan balik yang bersifat\r\ninformatif, umpan baik dengan tujuan mengoreksi, umpan balik dengan tujuan\r\nmemperingatkan, serta umpan balik dengan tujuan memotivasi; 5) perulangan\r\ndibuktikan dengan adanya tinjauan selintas awal mengenai inti dari isi cerita,\r\nkesimpulan dan pengulangan penyajian pesan atau informasi."^^ . "2018-07-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan KTP Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "14105244009"^^ . "Niken Setyaningsih"^^ . "14105244009 Niken Setyaningsih"^^ . . . . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN (Text)"^^ . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #58514 \n\nANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . .