%0 Thesis %9 S1 %A Yunia Chandra Siswandari, 14105244004 %B Jurusan KTP Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:58505 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BKKBN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/58505/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pada diklat di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu widyaiswara dan penyelenggara diklat di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini antara lain: 1) perencanaan pembelajaran pada diklat di BKKBN DIY meliputi penyusunan RBPMD dan RP, penyusunan bahan ajar, dan penggunaan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran pada diklat di BKKBN DIY meliputi kegiatan pembuka berupa memotivasi semangat belajar peserta diklat, kegiatan inti berupa penerapan pembelajaran orang dewasa, dan penggunaaan komunikasi yang efektif, kegiatan penutup berupa pembagian RTL, jenis penilaian pembelajaran diklat yang dilakukan di BKKBN DIY adalah penilaian proses sedangkan evaluasi diklat yang digunakan model Kirkpatrick. 2) Faktor pendukung dalam pengelolaan pembelajaran di BKKBN DIY adalah sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran di BKKBN DIY adalah belum maksimalnya jaringan internet, adanya kegiatan lain diluar kompetensi widyaiswara dalam mengelola pembelajaran, dan jadwal Diklat yang kurang sistematis.