%L UNY58504 %I Universitas Negeri Yogyakarta %A 11105241016 Muhammad Hilmi %X Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 di SDN Percobaan 2 Depok Sleman Yogyakarta pada kelas IV beserta kendala kultural dan struktural yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 di SDN Percobaaan 2 Sleman Yogyakarta pada kelas IV meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, seperti doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan memantapkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan materi baru yang akan dipelajari. Kegiatan inti mengarah pada student centered learning materi tentang hemat energi, guru menyuruh siswa membaca buku teks bergambar metode yang digunakan adalah ceramah. Kegiatan penutup dilakukan dengan menyimpulkan hasil belajar, memberikan kisah inspiratif, memberikan motivasi serta memberikan program pengayaan. Selain itu terdapat beberapa kendala yang terjadi, seperti pada tingkat pemahaman pendidik, alokasi waktu, dan sistem penilaian. Pendidikan karakter yang muncul sesuai temuan yaitu: disiplin, jujur, bertanggungjawab, mandiri, kerja keras, cinta tanah air, dan menghormati agama dan keyakinannya masing-masing. Kata kunci: Pendidikan karakter, Kurikulum 2013. %D 2018 %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 DI SDN PERCOBAAN 2 SLEMAN