%L UNY58493 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Scrabble terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta yang terdiri dari dua kelas sebanyak 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah sebanyak 21 siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 21 siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media Scrabble terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan uji-t diperoleh nilai t sebesar 6,854 dan taraf signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil analisis data pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata postest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (80,48>59,52). Pengaruh media Scrabble menunjukkan arah yang positif artinya semakin sering siswa menggunakan media Scrabble dalam pembelajaran maka semakin banyak juga perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris yang dikuasai oleh siswa kelas IV SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. %A 10105241003 Elina Yuanita %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV SDN GADUNGAN KIDUL II BANTUL YOGYAKARTA %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta