%0 Thesis %9 S1 %A Agustin Nalar Arrumsari, 13105241061 %B Jurusan KTP Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:58488 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK POP-UP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS III SD NEGERI TAMANAN 3 KALASAN %U http://eprints.uny.ac.id/58488/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk pop-up pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang layak bagi siswa kelas III di SD Negeri Tamanan 3 Kalasan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas III SD Negeri Tamanan 3 Kalasan, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 4 siswa, uji coba lapangan 8 siswa, uji coba pelaksanaan lapangan 16 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar ini telah layak untuk digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk yang telah dilakukan oleh ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk pop-up dinyatakan layak dengan rerata skor (4,44). Hasil penilaian produk oleh ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar pop-up Bahasa Indonesia dinyatakan layak dengan rerata skor (4,89), hasil uji coba lapangan awal dinyatakan layak dengan rerata skor (0,93), hasil uji coba lapangan dinyatakan layak dengan rerata skor (0,97), dan hasil uji coba pelaksanaan lapangan dinyatakan layak dengan rerata skor (1). Berdasarkan hasil dari uji kelayakan tersebut, bahan ajar berbentuk pop-up Bahasa Indonesia yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri Tamanan 3 Kalasan.