<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN"^^ . "Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media\r\npembelajaran dalam bentuk video animasi yang layak digunakan sebagai salah\r\nsatu media pembelajaran mengenal lambang bilangan bagi siswa tunagrahita\r\nringan kelas 1.\r\nPenelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg &\r\nGall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis,\r\nDesign, Development, Implementation, Evaluation) untuk tahap pengembangan\r\nmateri dan model pengembangan Alessi & Trollip untuk tahap pengembangan\r\nmedia. Langkah-langkah penelitian pengembangan yang ditempuh meliputi (a)\r\npenelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan\r\nproduk awal yang dikolaborasikan dengan tahap pengembangan materi dari\r\nADDIE dan tahap pengembangan media dari Alessi & Trollip, (d) uji coba\r\nlapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi\r\nproduk operasional, (h) uji coba lapangan operasional, (i) revisi produk akhir.\r\nValidasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, kemudian dilakukan\r\nuji coba produk. Uji coba produk pada siswa melalui 3 tahap, yaitu uji coba\r\nlapangan awal kepada 2 siswa, uji coba lapangan utama kepada 3 siswa, dan uji\r\ncoba lapangan operasional kepada 5 siswa. Instrumen yang digunakan untuk\r\npengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan angket (kuesioner). Teknik\r\nanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi untuk\r\nkemampuan mengenal lambang bilangan dinyatakan layak. Kelayakan video\r\nanimasi didukung oleh data hasil validasi ahli dan uji coba produk. Hasil oleh\r\npenilaian ahli materi yang memperoleh persentase nilai sebesar 87,5% yang\r\ntermasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian oleh ahli media menunjukkan\r\npersentase nilai sebesar 80% yang termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya\r\npada uji coba lapangan awal diperoleh persentase nilai 80%, kategori layak. Pada\r\nuji coba lapangan utama diperoleh persentase 86% kategori layak, dan pada uji\r\ncoba lapangan operasional diperoleh persentase 92% dalam kategori layak."^^ . "2018-07-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan KTP Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "13105241048"^^ . "Diany Roesma Pertiwi"^^ . "13105241048 Diany Roesma Pertiwi"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #58485 \n\nPENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . .