%L UNY5846 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan seni melipat kertas di TK Pertiwi 12 Gadingsari, Sanden, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Pertiwi 12 Gadingsari, Sanden, Bantul, dengan jumlah 17 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan seni melipat kertas. Data diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan seni melipat kertas. Hal ini dapat ditunjukkan dari kemampuan melipat kertas mengikuti petunjuk guru dari data awal 4 anak dengan kriteria bisa meningkat menjadi 8 anak pada siklus I dan menjadi 13 anak pada siklus II. Pada aspek ketangkasan melipat kertas menjadi bentuk origami dari data awal yang bisa 4 anak meningkat menjadi 8 anak pada siklus I dan menjadi 14 anak pada siklus II. Sedangkan pada aspek kerapihan setiap lipatan dari data awal yang bisa 4 anak meningkat menjadi 8 anak pada siklus I dan menjadi 14 anak pada siklus II. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan seni melipat kertas dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus. Kata kunci: motorik halus, seni melipat kertas, anak usia dini. %A Isti Winarni %T UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN SENI MELIPAT KERTAS DI TK PERTIWI 12 GADINGSARI SANDEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA