%D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KULTUR SEKOLAH DI SMP N 1 DEPOK YOGYAKARTA %A Kharies Sholikhudin %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan budaya sekolah yang ada di SMP N 1 Depok Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah seluruh warga sekolah dari kepala sekolah, guru, siswa dan kariyawan di SMP N 1 Depok Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Memiliki kultur sekolah positif, Artefak fisik yang ada sudah menggambarkan kultur sekolah positif, dan sudah membudayakan nilai-nilai kebersihan, kerapian dan kedisiplinan. Demikian juga dengan Artefak non-fisik sudah menggambarkan kultur sekolah positif. (2) Semua warga juga berperan dalam pembudayaan kultur sekolah. Peran kepala sekolah ditunjukan dengan memberikan contoh yang baik dan memberi dukungan terhadap setiap program dan kegiatan yang bertujuan memajukan sekolah. Peran guru ditunjukan dengan memberikan pelajaran, motivasi belajar dan membudayakan nilai-nilai kepada siswa. Peran siswa dalam mewujudkan budaya sekolah yang positif dengan mengikuti peraturan sekolah dan belajar dengan baik di sekolah. Peran karyawan ditunjukkan dengan bersikap displin dan mengikuti peraturan yang ada termasuk dalam membantu membudayakan budaya sekolah. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan budaya sekolah yaitu visi misi, kepemimpinan, hubungan warga sekolah, kurikulum dan pembelajaran. Faktor penghambat pelaksanaan budaya sekolah yaitu perawatan, guru dan siswa. %K Budaya Sekolah, kultur fisik dan non fisik %L UNY58456