%D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD BUDI MULIA DUA SETURAN %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua, 2) mendeskripsikan kendala implementasi Kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua , dan 3) mendeskripsikan upaya menghadapi kendala implementasi Kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian ini mengenai modal sosial dalam membentuk karakter anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua Seturan telah terlakasana sejak 4 tahun yang lalu dan sekolah telah menerapkan program saintifik sejak awal. Pendistribusian buku siswa terhenti oleh pemerintah. Sekolah Budi Mulia Dua Seturan mempersiapkan siswanya untuk menghadapi UN. %A Pradipto Cantyo Bagaskoro %K implementasi kurikulum 2013, karakter, sekolah dasar %L UNY58453