eprintid: 58382 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/83/82 datestamp: 2018-08-20 01:52:24 lastmod: 2019-10-01 11:32:15 status_changed: 2018-08-20 01:52:24 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ulfah Novianasari, Ulfah Novianasari title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Pendidikan Sejarah, SMA Negeri 1 Pengasih. abstract: Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib tempuh bagi mahasiswa UNY jurusan kependidikan. PLT UNY tahun 2017 dilaksanakan selama 2 bulan yaitu dimulai pada tanggal 16 September 2017 dan berakhir pada 15 November 2017. Tujuan dari kegian PLT adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah, dalam rangka mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang dimiliki. Selain itu PLT ini merupakan sarana pengaplikasian transfer pengetahuan yang selama ini didapat di bangku perkuliahan. Lokasi PLT praktikan adalah di SMA N 1 Pengasih yang berlokasi di Jalan KRT. Kertodiningrat No.41, Margosari, Pengasih, Kulonprogo. Dalam pelaksanaanya kegiatan dimulai dengan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung, melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat bahan ajar, membuat media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing dan evaluasi kegiatan belajar mengajar mata pelajaran sejarah. Kegiatan lain diluar mengajar yang dilakukan praktikan adalah piket loby, pelayanan perpustakaan, mengawasi UHB dan UTS, mendampingi siswa inklusi saat melakukan UHB dan UTS. Praktikan mendapat kesempatan mengajar empat kelas yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4 dengan mengampu mata pelajaran Sejarah Indonesia Wajib. Hasil yang diperoleh selama dua bulan melaksanakan PLT di SMA N 1 Pengasih adalah praktikan dalam hal ini mahasiswa PLT UNY mendapat pengalaman mengajar, menghadapi dan memahami kondisi anak-anak pada saat pembelajaran, dan membuat persiapan untuk mengajar. Dari pengalaman tersebut mahasiswa dapat memahami secara nyata gambaran menjadi seorang guru, mengenal kondisi lingkungan sekolah, kondisi pembelajaran di kelas dan juga memahami karakter peserta didik yang berbeda. Dengan memahami karakter peserta didik itulah nantinya dapat diterapkan metode yang sesuai dan tepat sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan lancar. Kegiatan PLT merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat dan berharga karena nantinya dapat menjadi bekal ketika menjadi guru kelak. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ulfah Novianasari, Ulfah Novianasari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/58382/1/14406244014_Ulfah%20Novianasari_Pendidikan%20Sejarah.pdf